Trend Fashion dan Gaya Wanita Terbaru

Ketahui Faktor Pertumbuhan dan Kerontokan Rambut Anda

by Isnawatika , at 10:17 PM , has 0 comments

Pertumbuhan rambut berbeda tiap orang ada yang lambat ada yang super cepat pertumbuhan rambutnya meski tidak memakai suplemen atau nutrisi penumbuh rambut.

Namun ada juga yang pertumbuhan rambutnya sangat lamban sehingga menjadikan penampian kurang menarik untuk dipandang hanya karena penampilan dari rambut yang tumbuh sangat lambat. Jadi kita harus menyadari dan mengetahui apa yang menjadi faktornya.

Segala hal yang terkait dengan tubuh manusia termasuk pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut:
1. Genetis

Faktor genetis adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi warna, intensitas, jenis dan pertumbuhan rambut. Dilansir dari Sciencedaily, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leif Carlsson, seorang ilmuwan dari Universitas Umea, Swedia berhasil menemukan gen yang berpengaruh dalam pertumbuhan panjang rambut dan gen tersebut diberi nama Lhx2. Gen ini bekerja sejak seseorang dilahirkan dan aktivitas gen ini semakin menurun seiring dengan pertambahan usia seseorang. Diketahui, pertumbuhan rambut optimal berada pada rentang usia 15 hingga 30 tahun dan menurun kecepatan tumbuhnya setelah usia 40 tahun.

rambut-sehat-berkat-10-cara-menghilangkan-ketombe-secara-alami
2. Hormonal

Selain faktor genetis, faktor internal lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan rambut panjang adalah faktor hormonal. Diketahui, tingginya kadar hormon estrogen dalam tubuh seperti saat kehamilan dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Biasanya seorang wanita hamil merasa rambutnya tumbuh lebih panjang, hal ini sebenarnya dikarenakan saat hamil rambut tidak mengalami kerontokan sebagaimana biasanya. Normalnya rambut manusia mengalami kerontokan 50 hingga 100 helai setiap hari.
3. Nutrisi

Sebagai jaringan tubuh yang tumbuh paling cepat, rambut tentunya memerlukan asupan nutrisi untuk tumbuh. Dilansir dari situs HairScience.com, untuk dapat tumbuh optimal, rambut memerlukan asupan nutrisi termasuk protein, asam lemak omega3, vitamin B12, zat besi, zinc, dan vitamin D. Oleh sebab itu, jika ingin rambutmu tumbuh panjang dan sehat, jangan lupa mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti ikan, daging, sayur-sayuran dan buah-buahan.
4. Perawatan

Meski nutrisi dari makanan merupakan faktor utama untuk menunjang pertumbuhan rambut, kamu bisa mempercepat pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut dengan melakukan perawatan secara rutin. Perawatan rambut yang baik seperti mencuci rambut dua hari sekali, menggunakan bahan alami sebagai masker atau minyak rambut bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat cuaca, zat kimia dan paparan sinar matahari.
5. Pengobatan

Beberapa jenis obat yang dikonsumsi secara rutin bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut dan bahkan menghentikannya. Jenis obat yang dapat menghambat atau menghentikan pertumbuhan rambut diantaranya pengobatan kemoterapi, anti depressant, anti hipertensi, serta batu ginjal. Selain itu, beberapa golongan obat seperti methotrexate yang digunakan untuk mengobati rematik, lithium yang digunakan dalam pengobatan bipolar disorder dan ibuprofen diketahui juga memiliki efek yang sama pada rambut sebagaimana golongan obat anti depressant.
6. Penyakit

Rambut yang sehat menunjukkan kondisi tubuh yang sehat, hal ini benar adanya. Beberapa penyakit seperti anemia dan disfungsi tiroid diketahui menjadi faktor yang menyebabkan rambut sulit tumbuh. Jika kamu menderita anemia sebaiknya penuhi kebutuhan zat besi setiap harinya agar pertumbuhan rambut tetap terjaga, misalnya dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan lainnya.
7. Stress

Stress tidak hanya berdampak buruk pada sistem dalam tubuh tetapi juga berimbas pada pertumbuhan rambut. Stress fisik maupun mental seperti trauma kecelakaan dan depresi bisa menyebabkan  sistem dalam tubuh shock dan akibatnya terjadilah kerontokan rambut sementara yang dikenal dengan istilah telogen effluvium. Kerontokan rambut ini akan terhenti jika seseorang sudah sembuh dari stress dan luka yang dideritanya.

Jadi jangan risau dengan pertumbuhan rambut anda yang cepat bahkan super lambat dan bahkan rambut sering rontok karena faktor-faktor tersebut sangat alami dan biasa terjadi bagi wanita dan pria.


Ketahui Faktor Pertumbuhan dan Kerontokan Rambut Anda
About
Ketahui Faktor Pertumbuhan dan Kerontokan Rambut Anda - written by Isnawatika , published at 10:17 PM, categorized as Rambut , Rambut Panjang , Rambut Pria , Rambut Rontok , Rambut Wanita . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Blog Istika by
Redesign by IdSD - Published by Tas Template
Powered by Blogger